EFEKTIVITAS PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH DI KEC. KALIANGET KAB. SUMENEP DALAM ASPEK TEKNIS DAN EKONOMI

Authors

  • Mohammad Mirwan UPN "Veteran" Jawa Timur
  • R. Aj. Nuriyati Arini Dewi UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Pengolahan Sampah Plastik, Pencacahan, Aspek Teknis, Aspek Teknis Ekonomi, ROI, NPV

Abstract

Meningkatnya timbulan sampah terutama sampah plastik yang berada di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep akan merusak lingkungan. Pengolahan yang dapat mengurangi timbulan sampah plastik yaitu dengan cara mendaur ulang. Untuk mendaur ulang terdapat Industri pengelolaan sampah plastik di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep yaitu dengan cara mencacah sampah plastik menjadi serpihan plastik. Maka dari itu akan dianalisa efektivitas dari industri pengolahan sampah plastik ini dalam mengurangi timbulan sampah plastik melalui Aspek Teknis dan Aspek Ekonomi dengan menggunakan metode ROI dan NPV. Dari hasil penelitian dalam Aspek Teknis didapatkan bahwa dengan adanya industri dengan teknologi pencacahan sampah plastik ini dapat mengurangi timbulan sampah sehingga akan menghasilkan lingkungan yang lebih bersih serta sehat, dalam Aspek Ekonomi melalui perhitungan dengan menggunakan metode Return On Investment (ROI) didapatkan nilai 6,6% dan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 939.329.327, dimana dari hasil kedua nilai tersebut kegiatan industri pencacahan ini layak untuk dilanjutkan.

References

Arifin, M. J. B. M. (2017). Dampak sampah plastik bagi ekosistem laut. 14(1), 44-48.

Hadi, K. (2019). Budaya Konsumerisme Meningkat, Sampah Capai 20 Ton Perhari. Jejak.co.

Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., . . .Law, K. L. J. S. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. 347(6223), 768-771.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013. Tentang Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Satiawan, I. W., Wiryajati, I. K., & Citarsa, I. F. J. A. I. (2017). Teknologi Pencacah Limbah Plastik Berbasis Motor Listrik Di Ud Sportif Dan Majeni. 4(1), 8-13.

SNI 19-3964-1994. Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi Sampah Perkotaan.

SNI 19-2454-2002. Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan SampahPerkotaan.

Downloads

Published

2021-11-18