PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KLAUSUL 8 ISO 45001:2018 PADA DIPO LOKOMOTIF SIDOTOPO SURABAYA DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)

Authors

  • Tuhu Agung Rachmanto UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Lintang Putri Rafsanjani UPN "VETERAN" JAWA TIMUR

Keywords:

Klausul 8 ISO 45001:2008, FMEA, Potensi Bahaya

Abstract

Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya merupakan sarana bengkel untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rangkaian lokomotif kereta api. Dalam menunjang kegiatan operasionalnya, perusahaan ini berusaha menjadikan SMK3 sebagai upaya perlindungan bagi pekerjanya untuk meminimalisir adanya risiko bahaya yang ditimbulkan dari aktivitas kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan SMK3 dan faktor-faktor kegagalan yang terjadi ruang bengkel. Metode yang digunakan adalah FMEA dengan faktor kegagalan yang dianalisa diberikan rating severity, occurance, detection, dan RPN. Perhitungan nilai RPN untuk memberikan rekomendasi dari potensi bahaya paling tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya telah mengimplementasikan hierarki pengendalian risiko berdasarkan Klausul 8 ISO 45001:2018 yaitu pengendalian operasional dan kesiapan tanggap darurat dengan ditemukan faktor kegagalan kerja dengan potensi bahaya paling tinggi adalah tersengat listrik

References

Azhari, S. (2017). Analisis Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

(SMK3) pada Proyek Kereta Api (Studi Kasus: Pembangunan Fly Over Kereta Api Medan).

Fakhrudin L. H. 2018. Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Produksi Linggis Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Jember. Universitas Jember.

Gabriella, V. 2019. Penerapan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) Dalam Mengurangi Risiko Kegagalan Kualitas Air Minum Isi Ulang. Surabaya. UPN “Veteran” Jawa Timur.

Gilang, N. D. 2020. Perencanaan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Fakultas Teknik Upn “Veteran” Jawa Timur. Surabaya. UPN “Veteran” Jawa Timur.

Hartono, A. F. D. (2018). Analisis Faktor Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PLTGU Cilegon.

Haworth, N., & Hughes, S. (2012). The International Labour Organization. In

Handbook of Institutional Approaches to International Business.

Imam. S. 2019. Identifikasi Potensi Bahaya Guna Pencegahan Kecelakaan Kerja Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis di PT. Cipta Cakra Persada Honda Jemursari. Teknik Mesin. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Kementerian Tenaga Kerja. (2012). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. In Permenaker Nomor 5 (Vol. 2, Issue 2).

Kemenaker RI. 1996. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Kemenaker RI.

Linda N. 2017. Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Berdasarkan Fault Tree Analysis (FTA), Failure Modes & Effect Analysis (FMEA) Dan Preliminary Hazard Analysis (PHA) Di Jurusan TIPTL SMK Negeri 1 Magelang. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lembar Perawatan Berkala Lokomotif PT. KAI Persero. 2021. Surabaya. Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya.

SNI ISO 45001:2018. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Yoshana, A., Fidiandri Putra, M., Santoso, H., & Hartini, S. (2019). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 45001:2018 SMK3 di PT Petrindo Semesta Untuk Mengurangi Kecelakaan Kerja dan Menciptaan Lingkungan Kerja Yang Sehat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 2657–0351.

Downloads

Published

2021-11-18