IMPLEMENTASI LIFE CYCLE ASSESSMENT “GATE TO GATE” PADA PROSES PENGOLAHAN AIR BERSIH

Authors

  • Tuhu Agung Rachmanto UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Geafiata Amalia Nurbaiti UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Aulia Ulfah Farahdiba UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Life Cycle Assessment, Instalasi Pengolahan Air Bersih, Proses Pengolahan Air Bersih, Dampak Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis dampak lingkungan yang terjadi dari proses pengolahan air bersih menggunakan life cycle assessment. Life cycle assessment adalah metode untuk menganalisis dampak lingkungan dari seluruh siklus hidup suatu produk. Analisis LCA ini dilakukan menggunakan software Simapro dengan mengambil lingkup yaitu gate to gate. Tiga dampak tertinggi yang muncul akibat dari proses pengolahan air bersih adalah respiratory inorganics, global warming, dan non-renewable energy. Ketiga dampak tersebut berasal dari pemakaian bahan kimia serta listrik. Usulan perbaikan yang dapat diberikan adalah melakukan upaya kegiatan reboisasi dan meningkatkan efisiensi peralatan.

References

Pré. (2014). Simapro Database Manual. 3–48. http://www.presustainability.com/download/DatabaseMa nualMethods.pdf

Ramadhan, F., Siami, L., & Winarni, W. (2019). Optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Minum Solear, PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, 132–141. https://doi.org/10.25105/pwkb.v1i1.5269 Rosenbaum, R. K. (2018). Life Cycle Assessment.

Rosita, D., Zaenab, S., & Budiyanto, Moch Agus Krisno. (2016). Analisis Kandungan Klorin pada Beras yang Beredar di Pasar Besar Kota Malang sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 88–94.

SNI ISO 14040:2016. (n.d.).

SNI ISO 14044:2017. (n.d.).

Downloads

Published

2021-11-18